Sekilas tentang JAVA

Bahasa JAVA dikembangkan oleh sebuah tim yang diketuai oleh James Gosling di Sun Microsystem. JAVA awalnya dikenal dengan Oak, yang didesain pada tahun 1991 untuk chip-chip yang tertanam pada peralatan-peralatan elektronik. Pada tahun 1995, diberi nama baru JAVA, yang didesain ulang untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi internet.

JAVA telah menjadi sangat populer. Perkembangannya yang sangat cepat dan penerimaannya di kalangan pengguna dapat dijejak dari karakteristik perancangannya, khususnya dari janji pengembang JAVA bahwa begitu Anda menciptakan suatu program, maka Anda bisa menjalankannya di mana saja. Seperti yang dikutip dari Sun (sekarang diakusisi Oracle), JAVA is simple, object-oriented, distributed, interpreted, robust, secure, architecture neutral, high performance, multithread, and dynamic.

JAVA memiliki banyak fitur, bahasa pemrograman bertujuan-umum yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi tingkat tinggi. Saat ini, JAVA tidak lagi hanya digunakan untuk pemrograman Web, tetapi juga aplikasi-aplikasi standalone bebas platform pada server, desktop, dan divais-divais bergerak (mobile). Bahasa JAVA juga telah digunakan untuk mengembangkan kode dalam berkomunikasi dan mengendalikan robot di Mars. Banyak perusahaan yang sebelumnya meremehkan keunggulan JAVA sekarang malah menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi terdistribusi yang dapat diakses oleh banyak konsumen melalui internet. Android merupakan platform mobile yang dikembangkan dengan bahasa JAVA.

World Wide Web merupakan gudang informasi elektronik yang bisa diakses melalui internet dari mana saja. Internet, yang merupakan infrastruktur Web, telah ada lebih dari 30 tahun. Nuansa artistik dan kehebatan penjelajah Web merupakan alasan utama popularitas internet.

Bahasa pemrograman Web pertama kali adalah HTML (Hypertext Markup Language). HTML adalah suatu bahasa sederhana untuk mengatur tata letak dokumen, menghubungkan dokumen ke internet, dan menjadikan gambar, suara, dan video tersedia pada Web. Namun, bahasa ini tidak dapat berinteraksi dengan pengguna kecuali format yang sederhana.

JAVA pada awalnya atraktif karena program JAVA dapat dijalankan dari suatu penjelajah Web. Program JAVA tersebut dikenal dengan applets. Program ini memakai antarmuka grafikal yang modern dengan tombol, bidang teks, area teks, tombol radio, dan lain-lain, sehingga para pengguna dapat saling berinteraksi. Applets membuat Web menjadi responsif, interaktif, dan menyenangkan untuk digunakan.

JAVA juga bisa dipakai untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi pada server. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dijalankan pada suatu Web server untuk menghasilkan halaman-halaman Web yang dinamis.

Pemrogrman JAVA adalah pemrograman yang serba bisa. Anda bisa menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi pada desktop dan server. Anda juga dapat mengembangkannya untuk perangkat mobile.


Who's Online

We have 41 guests and no members online