Mengapa Harga Pembuatan Aplikasi Mobile Mahal

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan kepada developer aplikasi mobile seperti Android, iOS, dan Windows Phone adalah “Berapa harga jasa membuat aplikasi mobile”. Jawaban atas pertanyaan ini tentu tergantung aplikasinya, tapi minimal beberapa juta (ini benar-benar minimal untuk aplikasi statik yang sangat sederhana), biasanya harga yang dipatok adalah belasan atau puluhan juta, dan kadang sampai ratusan juta. Sebagian terkejut dengan angka ini, tapi ini bukan angka yang mengada-ada, Anda bisa mencari-cari di berbagai artikel lokal ataupun berbahasa Inggris. bahwa angka ini sangat wajar

Sebelum Anda membaca panjang lebar, coba salah satu web yang memperkirakan biaya pembuatan app. Lalu kembali ke sini untuk mengetahui kenapa bisa semahal itu. Bagi Anda yang belum tahu biaya pembuatan aplikasi Android, estimasi biaya minimum lebih dari 2000 USD, dan umumnya lebih dari 20 ribu USD.

Saat ini kami hanya mengembangkan aplikasi mobile untuk pembuatan produk internal perusahaan TMN Studio Venture, tetapi tidak membuka layanan jasa pembuatan dari berbagai klien. Kami akan menjelaskan secara sederhana proses pembuatan dan penerbitan aplikasi ini, supaya klien yang meminta pembuatan aplikasi bisa mengerti berapa harga dari sebuah aplikasi.

Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Beberapa klien menanyakan berapa harga jasa pembuatan aplikasi meskipun sudah dijelaskan di awal bahwa kami hanya mengembangkan untuk produk internal, tidak melayanai jasa. Namun ada saja orang yang iseng menanyakan hal tersebut. Setelah kami sebutkan angka yang terdengar fantastis, sebagian reaksi pertama adalah “kok saya liat ada yang bisa mengembangkan cuma dengan sekian juta saja?” Dalam kasus tertentu, jika aplikasinya sangat sederhana, atau developernya sudah punya aplikasi sejenis, mungkin Anda bisa mendapatkan harga murah. Contohnya ada aplikasi untuk stasiun radio, dan aplikasi itu dijual murah karena aplikasinya sama untuk semua stasiun radio, cuma gambar latar belakang, ikon, link twitter/facebook, dan nomor telepon saja yang diganti.

Contoh aplikasi sangat sederhana lain adalah launcher (dulu cukup populer di era Blackberry OS) yang sekedar membuka sebuah link web page. Website wrapper yang sekedar meload halaman web tertentu di dalam aplikasi (jadi harus punya website dulu). Bahkan untuk aplikasi sederhana seperti ini, developer kadang-kadang meminta minimal sejuta rupiah, karena membuat aplikasi paling sederhana sudah cukup merepotkan.

Mengapa Native Application?

Kami hanya mengembangkan aplikasi untuk produk internal perusahaan mengingat untuk meningkatkan kekuatan platform yang kami kembangkan. Semua aplikasi yang kami kembangkan menggunakan teknologi Native, bukan berbasis web HTML5. Jadi untuk membuat aplikasi Android menggunakan Android SDK (Android Studio) yang mendukung Java dan XML, sedangkan iOS menggunakan iOS SDK (Xcode) dengan Objective-C, serta aplikasi Windows dikembangkan berbasis Windows SDK.

Hanya beberapa aplikasi tertentu bisa ditulis dengan teknologi HTML5. Teknologi ini sederhana (dari sisi development), dan bisa berjalan di berbagai platform (Android, iOS, Windows, dll). Akan tetapi aplikasi jenis ini juga punya banyak keterbatasan. Aplikasi umumnya lebih lambat, butuh lebih banyak memori, dan tidak efisien untuk membuat aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi dengan teknologi ini jelas tidak akan berjalan dengan baik untuk kendali penuh sebuah hardware untuk saling terhubung dalam platform yang kami kembangkan.

Mengapa harus Native? Kami menginginkan kendali penuh sebuah hardware dari perangkat smartphone dan tablet agar dapat terhubung dengan produk hardware yang kami buat. Secara umum langkah pengembangan kami melalui proses sebagai berikut.

  1. Electronics Design
    Desain Skematik, dan Layout dengan CAD Eagle PCB. Kami dapat mendesain skematik dari gambar/scan skematik .jpg ke desain skematik .sch Eagle PCB atau desain dari konsep diagram alir mekanisme suatu rangkaian. Kami dapat mendesain untuk layout PCB untuk single layer maupun double layer (dari skematik .sch ke layout .brd Eagle PCB)

  2. Electronics Fabrication
    Fabrikasi untuk PCB single layer, dan double layer dengan berbagai bahan berkualitas. Kami memberikan layanan fabrikasi PCB untuk rangkaian elektronik dengan bahan single pertinak (FR2), single fiber (FR4), dan double fiber (FR4).

  3. Electronics Assembly
    Perakitan PCB untuk memasang komponen elektronik pada PCB dalam proses soldering. Kami memberikan layanan Assembly PCB termasuk soldering, hole drilling, dan disassembly untuk komponen Lead (kaki konvensional), SMD (Surface Mount Devices), dan BGA (Ball Grid Array).

  4. Native Application
    Aplikasi untuk sistem elektronik menggunakan rangkaian logika terprogram Mikrokontroler AVR dan Mikroprosesor ARM. Kami memberikan layanan aplikasi sistem elektronik (Native Application) untuk akuisisi data berbasis sensor, sistem kendali mikrokontroler, instrumentasi digital maupun analog, dan elektronik lainnya. Semua perangkat apapun dapat terhubung melalui Native Application.

  5. Upload
    Promosikan sistem elektronik buatan Anda melalui website agar semakin populer. Kami memberikan layanan pembuatan website dan sistem informasi untuk membantu mempromosikan sistem elektronik Anda. Dengan tampilan website yang Responsive Design dan SEO Friendly maka website Anda dapat diakses dengan mudah dari berbagai perangkat digital Laptop, Smartphone, Tablet, dan Smart TV.

Dengan demikian pengembangan platform tidaklah semudah yang dibayangkan, Anda perlu mengetahui lebih detail kerja hardware dan software sebelum memulai pembuatan aplikasi mobile seperti yang kami lakukan.

Registrasi di Toko Aplikasi

Kami menyebut istilah “Toko Aplikasi” yang merujuk pada Apple App Store, Google Play, dan Windows Store. Langkah pertama untuk mengupload aplikasi di sebuah Toko Aplikasi adalah membuat account di masing-masing Toko Aplikasi tersebut. Proses ini bisa memakan waktu beberapa jam sampai beberapa hari (tergantung Toko Aplikasi yang dituju). Registrasi memerlukan biaya yang bervariasi. Google Play memberlakukan biaya 25 USD untuk sekali saja. Windows Store dengan biaya sekitar Rp 203.000 untuk sekali saja mulai berlaku sejak 2015. Sedangkan Apple App Store memerlukan biaya tahunan sebesar 99 USD. Khusus untuk Apple App Store, jika Anda tidak membayar biaya tahunan, aplikasi Anda akan diremove dari App Store.


Who's Online

We have 43 guests and no members online