Android Platform Masa Depan

Android merupakan generasi baru platform mobile, platform yang memberikan pengembang untuk melakukan pengembangan sesuai dengan yang diharapkannya. Sistem operasi yang mendasari Android dilisensikan di bawah GNU, General Public License v2 (GPLv2), yang sering dikenal dengan istilah “copyleft” lisensi dimana setiap perbaikan pihak ketiga harus terus jatuh di bawah ketentuan yang berlaku.

Komersialisasi pengembang (produsen handset khususnya) dapat memiliih untuk meningkatkan platform tanpa harus memberikan perbaikan mereka kepada masyarakat open source. Sebaliknya pengembang aplikasi android mendapatkan keuntungan dari perangkat tambahan seperti perbaikan dan mendistribusikan ulang pekerjaan mereka di bawah lisensi apapun yang mereka inginkan.

Salah satu elemen kunci dari Android adalah Dalvik Virtual Machine (DVM). Android berjalan di dalam DVM bukan di Java Virtual Machine (JVM). Android menggunakan mesin virtual sendiri yang telah dikostumisasi dan dirancang untuk memastikan bahwa beberapa fitur-fitur berjalan lebih efisien pada perangkat mobile.

DVM adalah register based sementara JVM adalah stack based, DVM didesain dan ditulis oleh Dan Bornsten dan beberapa insinyur Google lainnya. Dalvik Virtual Machine (DVM) menggunakan kernel Linux untuk menangani fungsionalitas tingkat rendah termasuk keamanan, threading, dan proses serta manajemen memori. Ini memungkinkan kita untuk menulis aplikasi berbasis C/C++ sama halnya seperti OS Linux pada umumnya.

Semua hardware yang berbasis Android dijalankan dengan menggunakan mesin virtual untuk eksekusi aplikasi, pengembang tidak perlu khawatir tentang implementasi perangkat keras tertentu. DVM mampu mengeksekusi executable file, sebuah format yang dioptimalkan untuk memastikan memori yang digunakan sangat kecil. Executable file diciptakan dengan mengubah kelas bahasa Java dan dikompilasi menggunakan tool yang disediakan dalam SDK Android.

Android SDK adalah tool API (Application Programming Interface) yang diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java. Android merupakan subset perangkat lunak untuk ponsel yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci yang dirilis oleh Google.
Untuk source code Android SDK dapat dilihat dan diunduh langsung dari situs resmi pengembang Android SDK di http://developer.android.com


Who's Online

We have 10 guests and no members online