Kimia Analisis Limbah

Analisa dilakukan untuk mengetahui apakah vitamin/hormon yang diselidiki hanya berisi zat tunggal atau campuran, apakah berisi ion logam, dan bagaimana strukturnya; bagaimana cara terbaik untuk menganalisanya; apa perbedaan susunan dengan zat lain yang mempunyai khasiat dan daya kerja yang sama, dan pada tahap akhir struktur diketahui sehingga dapat diusahakan pembuatannya melalui sintesis.

Kimia Analitik dalam Pertanian. Dalam suatu tanaman diketahui  adanya hubungan erat antara Zn dan P. Tanaman yang tidak kekurangan Zn dapat menunjukkan defisiensi Zn apabila dipupuk P terlalu berlebihan. Jika jumlah Zn sudah cukup optimal, tetapi perlu pemupukan P, maka harus diberikan tiga tambahan Zn.

Kimia analitik juga diterapkan di industri, perdagangan, dan profesi tertentu. Ini menunjukkan ilmu kimia analitik sangat substansial pada berbagai aplikasi di kehidupan sehari-hari. Untuk mempelajari ilmu kimia analitik, diperlukan sebuah semangat, ketelitian, dan pengalaman yang cukup banyak. Hal ini tentu tidak akan mudah bagi Anda yang baru mulai mempelajari kimia. Oleh sebab itu, gunakan segala sumber kecerdasan yang kita miliki untuk mempelajari suatu ilmu pengetahuan.

Penting sekali bahwa kita perlu mengenali dan mengembangkan semua kecerdasan manusia yang bervariasi, dan semua kombinasi dari kecerdasan-kecerdasan. Kita semua begitu berbeda terutama karena kita semua memiliki kombinasi yang berbeda dari kecerdasan-kecerdasan. Jika kita menyadari hal ini, saya pikir kita akan memiliki sedikitnya kesempatan yang lebih baik, untuk menangani banyak masalah yang kita hadapi di dunia ini dengan tepat.

-Howard Gardner-

Persaingan global tidak hanya melibatkan sumber daya manusia, melainkan sumber daya alam yang terus dieksplorasi tanpa disertai upaya bioremediasi. Padahal perawatan dan pemeliharaan lingkungan sangat diperlukan untuk menjaga ekosistem alam, limbah buangan yang berbahaya (senyawa-senyawa kimia yang sulit untuk didegradasi), yang biasanya dihubungkan dengan kegiatan industri seringkali menimbulkan masalah lingkungan yang berdampak buruk terhadap kualitas kesehatan masyarakat.

Aktivitas industri besar-besaran dan didukung dengan banyaknya investasi yang beredar di Indonesia menjadikan negeri ini sebagai target pendirian pabrik seiring dengan perkembangan perekonomian.

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif pemecahan masalah yang meliputi analisis, pemisahan, dan daur-ulang menjadi produk yang bernilai ekonomi sehingga dapat mereduksi jumlah limbah yang dihasilkan oleh pabrik.


Who's Online

We have 53 guests and no members online