Pengembangan Ilmu Komputer

Salah satu proses besar dalam pengembangan suatu ilmu pengetahuan adalah penyusunan teori-teori yang diabsahkan atau ditolak melalui eksperimentasi. Dalam beberapa kasus, teori-teori ini mengalami stagnasi selama waktu yang panjang, menunggu perkembangan teknologi untuk mencapai suatu titik di mana teori-teori tersebut dapat diuji. Dalam beberapa kasus lain, kemampuan-kemampuan teknologi saat itu mempengaruhi hal-hal yang menjadi pertimbangan ilmu pengetahuan tersebut.

Pengembangan ilmu komputer memiliki kedua karakteristik ini. Kita telah melihat bahwa ilmu pengetahuan ini tumbuh dari teori-teori yang bermula jauh sebelum teknologi dapat menghasilkan mesin-mesin seperti yang dicita-citakan oleh para peneliti awal. Bahkan hingga hari ini, pengetahuan kita yang terus berkembang mengenai proses-proses algoritmik membawa kita kepada desain mesin-mesin baru yang menantang keterbatasan teknologi.

Sebaliknya, subjek-subjek lain dalam ilmu pengetahuan ini berakar dari penerapan teknologi masa kini. Singkatnya, ilmu komputer merupakan perpaduan dari riset-riset teoritis dan kemajuan teknologi, yang masing-masing mempengaruhi satu sama lainnya dalam suatu hubungan yang saling menguntungkan.

Dengan demikian, untuk dapat mengapresiasikan peranan beragam subjek dalam ilmu komputer, seseorang harus memahami dasar-dasar teknologi masa kini dan bagaimana teknologi tersebut mempengaruhi desain dan implementasi komputer masa kini.


Who's Online

We have 7 guests and no members online