Algoritma RC6 Enkripsi SMS

Algoritma RC6 merupakan algoritma sederhana yang mengandalkan prinsip iterated cipher untuk keamanan. Tampilan hasil enkripsi dan data hasil enkripsi yang diterima harus diperhatikan, hal ini dikarenakan pada data hasil enkripsi, setiap karakternya akan memiliki panjang 8 bit, sedangkan sebagian besar telepon seluler hanya dapat menampilkan karakter dengan panjang 7 bit.

Dengan demikian dalam penerapan algoritma RC6 pada SMS karakter-karakter yang akan dienkripsi diubah menjadi karakter ASCII 8 bit (28=256). Satu karakter ASCII akan diwakili oleh 8 bit. Dalam blok plain text 32 bit akan menyimpan sebanyak 4 karakter. Dengan demikian jika iterasi (perulangan) dalam 4 kali pengambilan maka akan diperoleh 16 karakter.

Apabila panjang plain text kurang dari 16 karakter, maka akan dilakukan penambahan bit "0" pada akhir teks, sehingga panjang teks mencukupi 16 karakter. Layar pada sebagian smartphone hanya menampilkan karakter 7 bit dan pesan yang terenkripsi dalam bentuk biner. Oleh sebab itu, ditambahkan informasi karakter dalam format heksadesimal untuk mudah terbaca pada layar smartphone.

Algoritma RC6 dibangun dengan lebar sebesar 32 bit, dan perulangan 20 kali dan panjang kunci beragam lebih dari 1 karakter (8 bit). Adapun beberapa tahap algoritma RC6, yaitu:

  1. Pembangkit Sub Kunci
  2. Baca Masukan untuk Proses Enkripsi
  3. Enkripsi
  4. Baca Masukan untuk Proses Deskripsi

Untuk Enkripsi akan melalui tiga tahapan antara lain: Whitening Awal, Iterasi, dan Whitening Akhir. Demikian deskripsi singkat algoritma RC6 untuk enkripsi pesan singkat SMS. Selanjutnya dapat dikembangkan psedocode atau flow chart dari program aplikasi tersebut.


Who's Online

We have 6 guests and no members online