Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman C# memiliki banyak kesamaan dengan Java karena sebagian besar fitur di Java bisa diterapkan di C#. Java adalah sebuah bahasa pemrograman dan platform yang handal untuk mengembangkan berbagai aplikasi enterprise. Java didesain sebagai bahasa yang sederhana, mudah, dan portabel terhadap berbagai platform.

Jika dilihat dari perkembangan bahasa pemrograman dari generasi ke generasi, maka Java merupakan pengembangan dari bahasa C oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dan C++ yang dirilis oleh Bjarne Stroustrup. Java menggabungkan fitur manajemen memori dan garbage collection dari Smalltalk dan sintaks dari C/C++ sehingga akan menjadi lebih mudah dipelajari.

  • Java Standard Edition (Java SE)

Java digunakan untuk aplikasi aplikasi jaringan komputer, akses keamanan, database, graphical user interface (GUI), dan parsing XML. Java SE juga telah tersedia JVM (Java Virtual Machine) sebagai perangkat pengembangan, teknologi share, dan library.

  • Java Enterprise Edition (Java EE)

 Java EE seringkali digunakan dalam pembuatan aplikasi bisnis seperti EJB (Enterprise Java Beans), aplikasi berbasis web dan lainnya.

  • Java Micro Edition (Java ME)

Java ME biasa digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada perangkat mobile, seperti ponsel, dan PDA.

  • Java FX

Who's Online

We have 31 guests and no members online