Alasan Menggunakan MySQL

Pada kesempatan ini kami akan mengulas beberapa alasan mengapa para developer aplikasi database memilih untuk menggunakan MySQL dibandingkan dengan RDMS lain. Banyaknya para deveoper yang menggunakan MySQL sebagai database membuat MySQL cukup populer seperti sekarang ini.

Hal ini dapat dijumpai penggunaannya yang meningkat drastis, bahkan MySQL terus berupaya melakukan pembaruan terkini agar mampu memberikan fasilitas bagi para developer aplikasi berbabasis web.

Berikut ini beberapa alasan mengapa mereka memilih MySQL sebagai server database untuk aplikasi-aplikasi yang mereka kembangkan:

  • Fleksibel

MySQL dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dekstop maupun aplikasi web dengan menggunakan teknologi yang bervariasi. Ini berarti bahwa MySQL memiliki fleksibilitas terhadap teknologi yang akan digunakan sebagai pengembang aplikasi, apakah itu PHP, Java, C++, maupun yang lainnya dengan cara menyediakan plugin dan driver yang spesifik untuk masing-masing teknologi tersebut. Dalam database MySQL juga memiliki dukungan terhadap stored procedure, fungsi, trigger, view, SQL standar ANSI, dll, yang akan mempermudah dan mempercepat proses pengembangan aplikasi.

  • Lintas Platform

MySQL dapat digunakan pada platform atau lingkungan sistem operasi yang beragam seperti Windows, Linux, dan UNIX. Ini menyebabkan proses migrasi data (bila dibutuhkan) antar sistem operasi dapat dilakukan dengan mudah.

  • Performa Tinggi

MySQL memiliki mesin query dengan performa tinggi, dengan demikian proses transaksional dapat dilakukan dengan sangat cepat. Hal ini terbukti dengan digunakannya MySQL sebagai database dari beberapa aplikasi web yang memiliki traffic sangat tinggi.

  • Gratis

MySQL dapat digunakan secara gratis. Meskipun demikian ada juga untuk versi komersial yang tentu sudah diberikan tambahan fitur berupa kemampuan spesifik dan layanan technical support dari MySQL.

  • Proteksi Data yang Handal

Perlindungan terhadap keamanan data merupakan hal nomor satu yang dilakukan oleh para profesional di bidang database. MySQL menyediakan mekanisme yang powerful untuk menangani hal tersebut, yaitu dengan menyediakan fasilitas manajemen user, enkripsi data, dan lain sebagainya.

  • Komunitas Luas

Dengan meningkatnya penggunaan MySQL, maka komunitasnya tentu sudah banyak. Hal ini berguna jika kita menjumpai masalah dalam proses pengolahan data menggunakan MySQL. Dengan mengikuti salah satu atau beberapa komunitas tertentu, kita dapat berdiskusi memlalui suatu forum.


Who's Online

We have 27 guests and no members online