Apa Kegunaan IP (Internet Protocol)

Dengan semakin berkembangnya dunia komunikasi, terutama pada teknologi jaringannya saat ini saja sudah banyak teknologi digital yang menggunakan internet sebagai solusi komunikasi universal untuk berbagai kebutuhan. Namun ada beberapa istilah yang kurang dipahami masyarakat mengenai IP, manfaat, dan penggunaannya. Berikut ini kami paparkan definisi IP adalah bilangan biner yang secara unik mengidentifikasi komputer dan perangkat lain pada TCP / IP network. Terdapat dua jenis Ip address yaitu ip address private yang digunakan pada jaringan area lokal (LAN) dan ip address publik yang digunakan di Internet.

 

IP address dianggap publik jika jumlah IP yang valid dan berada di luar salah satu alamat rentang IP disediakan untuk penggunaan pribadi oleh kelompok standar Internet. Alamat IP publik yang digunakan oleh server internet termasuk untuk situs web dan server DNS, router jaringan atau komputer yang terhubung langsung ke Internet melalui modem.

Setiap IP publik ditugaskan untuk berbagai atau blok alamat. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur kepemilikan ini rentang IP dan memberikan masing-masing blok organisasi seperti Internet Service Provider (ISP) yang pada gilirannya mengalokasikan addreses IP individu kepada pelanggan

Menggunakan alamat IP pribadi pada komputer atau bisnis dapat meningkatkan keamanan jaringan dan menghemat ruang pengalamatan publik. Apa alamat IP pribadi terlihat seperti? Apa alamat IP rentang memenuhi syarat sebagai pribadi? Sebuah alamat IP dianggap pribadi jika nomor IP termasuk dalam salah satu dari alamat rentang IP disediakan untuk penggunaan pribadi oleh kelompok standar Internet. Ini kisaran alamat IP pribadi ada:

10.0.0.0 melalui 10.255.255.255
169.254.0.0 melalui 169.254.255.255
172.16.0.0 melalui 172.31.255.255
192.168.0.0 melalui 192.168.255.255

Perangkat dengan alamat IP private tidak dapat terhubung langsung ke Internet. Demikian juga, komputer di luar jaringan lokal tidak dapat terhubung langsung ke perangkat dengan IP pribadi. Sebaliknya, akses ke perangkat tersebut harus ditengahi oleh router atau serupa perangkat yang mendukung Network Address Translation (NAT) . NAT menyembunyikan nomor IP pribadi tetapi secara selektif dapat mentransfer pesan ke perangkat ini, memberi lapisan keamanan untuk jaringan lokal.

Selain ip address Publik dan private (pribadi) terdapat jenis ip address dinamis dan static, maksudnya ip dinamis adalah ip adress yang dapat berbuah – ubah sedangkan ip address static tidak akan berubah ubah. Berikut penjelasan ipaddress static dan ip address dinamis.


Who's Online

We have 9 guests and no members online