Teknologi Sensor Instrumentasi

Anda melakukan pengukuran dengan instrumen. Instrumentasi membantu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmuawan dan insinyur di seluruh dunia menggunakan instrumen untuk mengamati, mengendalikan, dan memahami perubahan fisik. Kualitas kehidupan kita bergantung pada instrumentasi - dari riset dasar sains dan obat-obatan hingga desain, tes, dan manufaktur elektronik, bahkan mesin dan kendali proses pada berbagai industri.

Add a comment
Read more ...

Migrasi Elektro-elektron

Untuk mengetahui bagaimana elektron-elektron dapat bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain maka kita harus melakukan percobaan sederhana berikut. Letakkan potongan-potongan kecil kertas aluminium foil di meja. Anda juga dapat menggunakan gabus penutup botol untuk menggantikan potongan-potongan aluminium foil tersebut. Gosoklah sebuah pena yang terbuat dari plastik dengan kain wol kering selama 15-20 detik. Peganglah pena plastik tersebut sejauh beberapa milimeter di atas potongan-potongan kertas. Potongan-potongan kertas itu akan melompat dan menempel di permukaan pena. Beberapa di antara potongan tersebut dapat melompat naik-turun hingga beberapa kali.

Add a comment
Read more ...

Internet of Things

Dengan semakin berkembangnya infrastruktur internet, maka kita menuju babak berikutnya, di mana bukan hanya smartphone atau komputer saja yang dapat terkoneksi dengan internet. Namun berbagai macam benda nyata akan terkoneksi dengan internet.

Add a comment
Read more ...

Who's Online

We have 27 guests and no members online