Desain PCB dan Embedded System

Teknologi Sensor Instrumentasi

Anda melakukan pengukuran dengan instrumen. Instrumentasi membantu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmuawan dan insinyur di seluruh dunia menggunakan instrumen untuk mengamati, mengendalikan, dan memahami perubahan fisik. Kualitas kehidupan kita bergantung pada instrumentasi - dari riset dasar sains dan obat-obatan hingga desain, tes, dan manufaktur elektronik, bahkan mesin dan kendali proses pada berbagai industri.

Add a comment
Read more ...

Migrasi Elektro-elektron

Untuk mengetahui bagaimana elektron-elektron dapat bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain maka kita harus melakukan percobaan sederhana berikut. Letakkan potongan-potongan kecil kertas aluminium foil di meja. Anda juga dapat menggunakan gabus penutup botol untuk menggantikan potongan-potongan aluminium foil tersebut. Gosoklah sebuah pena yang terbuat dari plastik dengan kain wol kering selama 15-20 detik. Peganglah pena plastik tersebut sejauh beberapa milimeter di atas potongan-potongan kertas. Potongan-potongan kertas itu akan melompat dan menempel di permukaan pena. Beberapa di antara potongan tersebut dapat melompat naik-turun hingga beberapa kali.

Add a comment
Read more ...

Internet of Things

Dengan semakin berkembangnya infrastruktur internet, maka kita menuju babak berikutnya, di mana bukan hanya smartphone atau komputer saja yang dapat terkoneksi dengan internet. Namun berbagai macam benda nyata akan terkoneksi dengan internet.

Add a comment
Read more ...

Pengantar Instrumentasi Biomedis

Dalam mendiagnosa penyakit pasien, dokter membutuhkan berbagai informasi. Informasi ini dapat berupa informasi verbal (keluhan pasien atau informasi yang didapat dari wawancara) atau informasi yang berupa sinyal tubuh atau kondisi fisik pasien. Informasi berupa sinyal tubuh biasanya disebut dengan sinyal biomedis. Sinyal biomedis ini terjadi akibat proses fisiologi yang terjadi dalam tubuh manusia.

Add a comment
Read more ...

General Purpose Register ATmega32

Mikrokontroler AVR memiliki 32 register bantu (R0-R31) dengan ukuran sebesar 8 bit (ATmega32) yang menempati alamat data $0000 - $001F. Register ini dapat digunakan langsung karena sudah tersedia fasilitas ALU (Aritmethic Logic Unit). Untuk R0 dan R1 berfungsi menampung hasil perhitungan aritmetika. Sedangkan R16-R31 untuk pengambilan data secara immediate.

Add a comment
Read more ...

Pemilihan Bahasa Pemrograman

Bahasa assembly sekarang mulai ditinggalkan dikarenakan programmer sekarang dituntut untuk membuat program yang semakin kompleks. Oleh karena itu, programmer mengembangkan bahasa tingkat tinggi semisal C, Pascal sampai bahasa yang berbasis objek seperti Java atau C++. Meskipun begitu, Assembly tetap memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman mana pun.

Add a comment
Read more ...

Alamat Mikrokontroler MCS-51

Mikrokontroler MCS51 memiliki beberapa buah ruang alamat memori yang dapat dibagi menjadi:

  1. Ruang alamat memori kode program (code address space), maksimal sebanyak 64KB. Ruang alamat memori ini biasanya ditempati oleh EPROM/ROM internal IC mikrokontroler atau bisa juga ditempati oleh IC EPROM (misalnya 2764) jika diinginkan kode program disimpan dalam EPROM eksternal. Add a comment
Read more ...

Who's Online

We have 10 guests and no members online